Jakarta, CNBC Indonesia РPT Pertamina (Persero) menandatangani Nota Kesepahaman (Memo of Understanding/MoU) dengan ENI S.p.A untuk menjajaki potensi proyek eksplorasi dan produksi migas di beberapa blok internasional.

Penandatanganan MOU tersebut dilakukan oleh Direktur Strategi, Portofolio, dan Pengembangan Usaha PT Pertamina (Persero) Salyadi Dariah Saputra dan Direktur Upstream ENI S.p.A Luca Vignati di Amsterdam, pada hari ini, Jumat (19/4/2024).

Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo mengatakan, Kementerian BUMN mendukung langkah Pertamina untuk bekerja sama dengan mitra global guna memperkuat ketahanan energi nasional.

“Kementerian BUMN mendukung kerja sama Pertamina-ENI, salah satunya dalam hal pengembangan eksplorasi deep sea field,” ucapnya dikutip dari keterangan tertulis, Jumat (19/4/2024).

Sementara itu, Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati menyambut baik kerja sama Pertamina dan ENI. Kerja sama ini dinilainya akan memperkuat sinergi yang dibangun kedua perusahaan sebelumnya.

“MoU ini akan memperkuat sinergi yang terjalin sebelumnya antara Pertamina dan ENI, baik di operasional wilayah Indonesia maupun potensi kerja sama ke blok mancanegara seperti Afrika dan Timur Tengah,” ujar Nicke.

Menurut Nicke, ENI merupakan salah satu perusahaan migas yang sukses melakukan eksplorasi. ENI juga melihat Indonesia sebagai salah satu fokus bisnis mancanegaranya.

“Pertemuan bisnis ini akan memperkuat kemitraan Pertamina dan ENI, terutama di negara-negara di mana baik Pertamina maupun ENI telah menjejakkan kakinya dalam pengelolaan blok migas,” imbuhnya.

Direktur Strategi, Portofolio, dan Pengembangan Usaha PT Pertamina (Persero) Salyadi Dariah Saputra menambahkan, penguatan kerja sama ini juga akan memberikan peluang bagi Pertamina untuk berperan dalam pengelolaan migas di level internasional.

“Kemitraan dengan ENI diharapkan dapat meningkatkan kemampuan Pertamina dalam meningkatkan reserve dan produksi migas baik di dalam maupun luar negeri sehingga dapat memperkuat ketahanan energi nasional,” tandas Salyadi.

Di samping itu, Vice President Corporate Communication Pertamina Fadjar Djoko Santoso mengungkapkan, Pertamina berkeinginan memperkuat operasionalnya di mancanegara sebagai upaya meningkatkan produksi migas yang nantinya akan memperkuat Pertamina sebagai perusahaan energi yang Go Global sekaligus dapat memanfaatkan produksi tersebut untuk kebutuhan dalam negeri.

“Ekspansi Pertamina Go Global dilakukan untuk memperkuat peran kami di mancanegara. Sinergi Pertamina dengan ENI dan perusahaan energi lainnya diharapkan juga dapat mendukung komitmen Pertamina untuk menjadi perusahaan energi yang berkelanjutan,” jelas Fadjar.

Sebagai informasi, penandatanganan MoU tersebut turut disaksikan Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo, Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati, dan Direktur Utama PT Pertamina Internasional EP Jafee Arizon Suardin.

Kemudian SVP Corporate Finance Pertamina Bagus Agung Rahadiansyah, Corporate Secretary Pertamina Brahmantya Satyamurti Poerwadi, Exploration Director ENI, S.p.A. Aldo Napolitano, dan Head of Agri Feedstock Eni Natural Resources ENI S.p.A. Federico Maria Grati.

[Gambas:Video CNBC]



Artikel Selanjutnya


Mantul! Pertamina Group Borong Lima Penghargaan Bergengsi


(dpu/dpu)




Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *