Jakarta, CNBC Indonesia – Menteri Pertahanan sekaligus presiden terpilih Indonesia, Prabowo Subianto menerima kunjungan Menteri Luar Negeri (Menlu) Tiongkok, Wang Yi di Kantor Kementerian Pertahanan (Kemhan), Jakarta, Kamis (18/4/2024).

Mengutip pernyataan resmi Kemhan, dalam pertemuan tersebut, Wang Yi memberikan ucapan selamat atas kemenangan Prabowo di Pilpres 2024. Ia yakin Prabowo akan mampu menavigasi Indonesia ke depan.

“Sekali lagi izinkan saya mengucapkan selamat kepada Yang Mulia, terpilih sebagai presiden Republik Indonesia dengan suara terbanyak dalam sejarah pemilu Indonesia,” tutur Wang Yi.

Selain itu, keduanya membicarakan sejumlah kerja sama bidang pertahanan yang meliputi pendidikan, latihan bersama, dan industri pertahanan.

Indonesia dan China merupakan mitra dekat yang menjalin banyak kolaborasi bilateral. Dalam bidang pertahanan, keduanya bahkan tercatat telah melaksanakan kerja sama pendidikan dan latihan sejak tahun 1970an.

Kerja sama pendidikan itu pun masih berlangsung hingga saat ini. Sejumlah personel pertahanan Indonesia diketahui tengah menempuh pendidikan di China. Sebaliknya, beberapa prajurit Negeri Tirai Bambu juga tercatat tengah mengikuti pendidikan militer di Tanah Air.

Selain pendidikan, rencana latihan militer antara Indonesia dan China juga tidak luput dari pembicaraan. Prabowo menilai pertukaran pengalaman antar pasukan militer akan memberi kontribusi positif bagi bidang pertahanan dua negara. “Kami mengapresiasi antusiasme China dalam merencanakan latihan bersama dengan Indonesia,” kata Prabowo.

“Pertukaran pengalaman yang sangat berharga, pengembangan kemampuan, dan peningkatan interoperabilitas merupakan elemen penting guna memberikan kontribusi positif terhadap keamanan regional dan global,” sambungnya.

Adapun sebelum bertemu Wang Yi di Jakarta, Prabowo bertemu Presiden China Xi Jinping, Perdana Menteri China Li Qiang, dan Menteri Pertahanan China Dong Jun dalam kunjungan kehormatan di Beijing pada awal April 2024 lalu.

Lebih lanjut, Prabowo berharap rencana latihan bersama dengan China dapat segera diwujudkan. “Kami sangat berharap rencana latihan bersama kedua negara tersebut dapat terealisasi dalam waktu dekat,” tambahnya.

[Gambas:Video CNBC]



Artikel Selanjutnya


Prabowo Janji Stunting Turun di Bawah 10%, Begini Caranya…


(pgr/pgr)




Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *